Minggu, 19 April 2015

Membuat Penghitung Luas Segitiga dan Volume Balok di Visual Studio 2010

Kali ini kita akan membuat aplikasi untuk menghitung luas segitiga dan volume balok, dalam pembahasan kali ini kita akan menggunakan statement Val (singkatan dari Value) dari suatu TextBox.

Oke, buka Visual Studionya dan klik new project.....

Berikutnya, saya membuat rancangan form dari aplikasinya, seperti ini :

Lalu saya akan memberi nama untuk masing-masing elemen dalam form diatas.

Dan berikut adalah hasilnya :

Aplikasinya masih belum bisa dipakai, saya akan menambahkan statement agar saat diklik, masing masing button akan menampilkan hasil berikut adalah statement untuk masing-masing tombol :
  • Button1.C : Label4.Text = 1 / 2 * (Val(TextBox1.Text) * Val(TextBox2.Text))
  • Button2 : Label9.Text = (Val(TextBox3.Text) * Val(TextBox4.Text)) * Val(TextBox5.Text)
Waktunya debugging, lihatlah.....

Oke, saya sudah membuat cara agar hasilnya tampil. Sekarang saya ingin menghapus apa yang sudah saya ketik, jadi saya menambahkan 2 tombol untuk menghapus masing-masing isi dari TextBox tadi.

Tombol sudah jadi, sekarang saatnya membuat tombolnya berfungsi. Statement untuk masing - masing tombol adalah : 
  • Button3 :
  • TextBox1.Text = ""
    TextBox2.Text = ""
    Label4.Text = "----------"

  • Button4
  • TextBox3.Text = "" 
    TextBox4.Text = "" 
    TextBox5.Text = ""
    Label9.Text = "-----------"

Debugging lagi, saya masukkan nilai di masing - masing TextBox dan akan menghapus :

Dan TextBoxnya kembali kosong.......

Nah......
Aplikasinya kan nggak pake satuan sentimeter kubik atau sentimeter persegi nih.
Jadi jika anda ingin tahu satuannya, maka bilang saja, hasilnya adalah sekian satuan volume atau sekian satuan luas. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar