Rabu, 08 Januari 2014

Menggabungkan File Berekstensi .001 dengan File Joiner dari IgorWare

Beberapa file berekstensi spesial memerlukan penggabungan sebelum bisa digunakan sepenuhnya. Ekstensi yang dimaksud adalah ekstensi .001 (ekstensi *.001, *.002, .....dst) atau An's lebih suka menyebutnya dengan sebutan file part karena biasanya merupakan pecahan/bagian dari satu file utuh (biasanya file part dalam bentuk *.rar atau *.zip ekstensinya adalah *.part01.rar, *.part02.rar.),  Mengapa file-file tersebut dipecah? Jawabannya adalah karena ada beberapa situs yang membatasi ukuran file untuk diupload dan untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah file-file tersebut dalam ekstensi part, file part juga membantu kita untuk download file besar lebih cepat jika dibandingkan dengan mendownload satu file utuh sekaligus.
Kembali ke pembahasan tentang menggabungkan file, berikut ini adalah cara menggabungkan file part yang sudah di download :

  1. Klik di teks >> DOWNLOAD
  2. Jalankan file yang diberi highlight


  1. Window baru akan terbuka, dan seperti inilah penampakannya

  1. Klik add file untuk memilih file yang akan digabung, add folder digunakan untuk menggabung file jika filenya sudah diletakkan dalam satu folder

  1. berikutnya adalah mengatur apa yang akan dilakukan setelah penggabungan file selesai, pilihan ini terletak di bagian "when done :" disana ada 4 checkbox yang fungsinya sebagai berikut : Open output file : untuk membuka file yang telah selesai digabung - Open output folder : untuk membuka folder tempat file yang telah digabung - Delete parts : untuk menghapus file part yang telah digunakan untuk proses penggabungan - Exit : untuk keluar aplikasi secara otomatis setelah file selesai digabung
  2. klik di tombol paling besar dengan tulisan join di window aplikasi, proses penggabungan file akan berjalan.
catatan :
khusus untuk file archive yang dipecah seperti ekstensi *part01.rar, *part02.rar (winRAR archive), penggabunnya cukup dengan meng "extract" salah satu part.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar