Kamis, 09 April 2015

Belajar Dasar - Dasar Visual Studio 2010

Posting tentang VB nih, program dasar aja sih….. nih hasilnya….
Mari kita mulai, dalam bahasan ini, VB yang dipakai VB 2010 (Visual Studio 2010), bisa juga dipraktekin di VB 2012 keatas, (y)
Buka VB nya, bisa lewat Start > All Programs > Microsoft Visual Studio 2010 > Microsoft Visual Studio 2010 atau klik ganda di ikon Microsoft Visual Studio 2010, lalu akan ketemu ama ini 

Ketemu ama start page Visual Studio 2010, klik New Project untuk membuat proyek baru (Proyek? Emangnya bangunan……)


Lalu klik seperti yang ditunjukkan gambar, klik OK


Ini dia tampilan window Visual Studio 2010, kalau nggak nemuin Toolbox, Properties, dan Solution Explorer klik di menu View dibawah TitleBar, terus cari deh pilihan Toolbox, Properties atau Solution Explorer.

Oh ya…… kita akan  menamai program ini dengan nama apa? Setiap program pasti punya nama kan.. untuk mengganti nama program, klik di area Form1, lalu ke properties seperti yang ditunjukkan gambar

Ada cara lain untuk mengganti nama Form1, double click di area Form1  lalu ketik Me.Text = “Nama Program”. Contohnya disini saya gunakan  judul “VB Sederhana”

Yang membedakan antara cara mengganti nama Form1 yang pertama dan kedua adalah cara pertama hasilnya bisa langsung terlihat sebelum dijalankan (Debugging) sedangkan cara kedua harus melalui proses Debugging dulu, cara kedua akan lebih sering saya pakai di bahasan ini. Untuk menjalankan program rancangan klik Menu Debug > Continue atau tekan tombol F5 di keyboard PC. Ini hasilnya, jangan lupa untuk menutup programnya.


Ah…… masih kosong nih….
Berikutnya kita akan mulai merancang program, masukkan label (terletak di toolbox), dengan drag tulisan Label ke dalam form atau klik label lalu klik di area form, secara default label ini bernama Label1

Sama seperti cara mengganti nama form, nama label bisa diganti melalui properties (dibagian yang diberi highlight biru)
Atau jika menggunakan coding, double click di area form lalu  ketikkan Label1.Text = “Nama label”, contohnya seperti di gambar (saya menggunakan nama Program VB Dasar)
Jika program di Debug (tekan F5) maka hasilnya seperti ini

Masukkan label lagi, Label2
Ganti nama label2. label ini akan diletakkan sebelum TextBox , sama seperti cara mengganti nama Label1(Label ini untuk menjelaskan apa yang akan saya lakukan selanjutnya)
 Dan hasilnya
Berikutnya memasukkan TextBox, khusus untuk TextBox, namanya tidak perlu diganti.


Sekarang masukkan tombol (Button), secara default namanya adalah Button1.


Ganti nama tombol (Button) tersebut dengan double click di area Form lalu ketik Button1.text = “Nama Tombol”, contohnya : (saya menggunakan kata "Tampilkan")


Run programnya, hasilnya adalah
 Masukkan label lagi, karena ini label yang ketiga maka namanya menjadi Label3
Kali ini kita akan mengosongkan nama label3, maksudnya adalah agar label3 tidak terlihat saat dijalankan, double click di area form dan ketikkan Label3.text = “”
Kita akan membuat perintah agar saat tombol di klik maka apa yang sudah diketik akan ditampilkan maka double click di tombol lalu ketikkan Label3.text = TextBox1.Text, maksudnya jika Button ditekan maka label3 akan tampil (teks yang ada di TextBox akan tampil di posisi Label3)
Jalankan programnya, ketikkan sesuatu dalam TextBox lalu tekan tombol, maka…..

 Bila anda tidak ingin agar apa yang sudah diketik di TextBox tampil tambahkan coding pada tombol TextBox1.Text = “”

Maka saat proses debugging, setelah tombol diklik tulisan di TextBox tidak akan tampil

Bagaimana kalau tulisannya diberi warna? Bisa sih……

Kali ini kita akan menggunakan RadioButton, sebelumnya masukkan GroupBox, biar lebih teratur......

Dalam GroupBox ini akan ada pilihan-pilihan untuk mengganti warna, maka kita ganti nama dari GroupBox ini dengan double click di area form lalu ketikkan GroupBox1.text = “Warna”
GroupBox sudah dibuat, pilihannya mana? Sekarang masukkan RadioButton ke dalam GroupBox, karena ini dasar, saya memasukkan 4 RadioButton (sebenarnya sih, karena hanya akan ada 4 warna)
Berikutnya saya akan mengganti nama untuk masing-masing RadioButton, agar lebih jelas, saya juga memberi warna untuk masing masing text RadioButton, double click di area form lalu ketikkan seperti yang ada di gambar
Hasilnya seperti ini

Namun jika salah satu dari RadioButton di klik, teks yang ditampilkan tidak berubah, lalu saya akan membuat agar saat salah satu RadioButton di klik maka teks yang tampil akan berubah, double click di RadioButton1 lalu ketikkan Label3.ForeColor = Color.Red
Lakukan hal yang sama untuk semua RadioButton yang lain, agar warna yang tampil sesuai dengan keterangan di masing – masing RadioButton (RadioButton2 = Green, RadioButton3 = Blue, RadioButton4 = Orange)


Sehingga hasilnya akan seperti ini (jika memilih warna hijau)
Berikutnya kita akan membuat format untuk teksnya. Di Visual Studio 2010, teksnya bisa dirubah menjadi Tebal (Bold), miring (Italic), teks bergaris (strikeout), dan bergaris  bawah (Underline). Oleh karena itu, kita mulai dengan membuat GroupBox yang kedua (GroupBox2).
Saya akan mengganti nama GroupBoxnya, double click lagi di area form, ketikkan GroupBox2.text = “Nama GroupBox”

Berikutnya saya memasukkan CheckBox, 1 CheckBox untuk 1 gaya huruf, saya memasukkan 4 CheckBox (Karena akan menampilkan 4 gaya pengetikan)
Lalu ganti nama untuk masing – masing CheckBox, CheckBox1 untuk tulisan tebal, yang kedua untuk tulisan miring, ketiga untuk tulisan bergaris tengah, dan yang keempat untuk tulisan bergaris bawah
Coba jalankan program rancangan, dan hasilnya…
Setelah ini, saya akan membuat agar saat CheckBox di klik teksnya juga berubah, double click di CheckBox1, lalu ketik Label3.font = New Font(Label3.Font.Name, Label3.Font.Size, Label3.Font.Style Xor FontStyle.Bold) sehingga saat CheckBox pertama di klik maka tulisannya akan menjadi tebal.
Ulangi cara diatas untuk CheckBox 2, 3 dan 4 masing –masing setelah kata fontstyle. gunakan italic (CheckBox2), strikeout(CheckBox3), underline(CheckBox4), seperti ini.
Tekan F5, dan ini yang terjadi setelah program saya utak - atik
Selesai dengan program, jangan lupa disimpan ya…..

Sedikit keterangan :

  1. Setelah program dijalankan, jangan lupa untuk ditutup
  2. Dalam coding tadi, Label3.ForeColor digunakan untuk mengganti warna huruf, jika menggunakan Label3.BackColor maka teksnya akan diberi highlight sesuai dengan warna yang diinginkan. Statement BackColor dalam Form (Me.BackColor) akan merubah warna form menjadi yang dikehendaki, atau dengan kata lain, akan mengganti warna latar belakangnya.
  3. Semua elemen (Items) di Toolbox bisa dimasukkan dengan di drag ke dalam Form, untuk memasukkan elemen, bisa juga dengan klik di elemen lalu klik di tempat yang diinginkan dalam Form.
  4. Jika program yang hendak dirancang memiliki banyak label, sebaiknya mengganti nama label lewat properties.
  5. Apa fungsi dari coding Label 3.font = New Font(Label3.Font.Name, Label3.Font.Size, Label3.Font.Style Xor FontStyle.Bold)?
    •      Label3.Font.Name digunakan untuk menentukan type huruf (contoh jika diketik : “Tahoma”)
    •       Label3.Font.Size digunakan untuk menentukan ukuran huruf (contoh jika diketik : 12)
    •       Label3.Font.Style xor Fontstyle.Bold (Membuat hurufnya tercetak tebal)


6 komentar:

  1. makasih banyak ya ini bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  2. makasih banyak ya ini bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  3. yang membedakan codingan vb dan visual studio itu apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sih, cuma beda penyebutan.
      VB itu bahasanya, visual studio program untuk bikin aplikasi yang pake bahasa VB.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus