Kamis, 05 Desember 2013

Delapan Kado Terindah

Delapan  macam  kado  ini  adalah  hadiah  terindah  dan  tak  ternilai  bagi orang-orang yang Anda sayangi.

KEHADIRAN
Kehadiran  orang  yang  dikasihi  rasanya  adalah  kado  yang  tak  ternilai  harganya. Memang kita juga bisa hadir di hadapannya lewat surat, telepon, foto atau faks. Namun dengan berada di sampingnya,  anda dan dia dapat berbagi  perasaan,  perhatian  dan  kasih  sayang  secara lebih  utuh  dan intensif. Jadilah kehadiran anda sebagai pembawa kebahagiaan.

MENDENGAR
Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini. Sebab, kebanyakan orang lebih  suka  didengarkan,  ketimbang  mendengarkan.  Dengan  mencurahkan perhatian  pada  segala  ucapannya,  secara  tak  langsung  kita  juga  telah menumbuhkan  kesabaran  dan  kerendahan  hati.  Untuk  bisa  mendengar dengan  baik,  pastikan  anda  dalam  keadaan  betul-betul  rileks  dan  bisa menangkap utuh apa  yang bisa disampaikan. Tatap wajahnya.  Tidak perlu menyela,  mengkritik,  apalagi  menghakimi.  Biarkan  ia menuntaskannya,  ini memudahkan  anda  memberikan  tanggapan  yang  tepat  setelah  itu.  Tidak harus  berupa  diskusi  atau  penilaian.  Sekedar  ucapan manispun  akan terdengar manis baginya.

DIAM
Seperti  kata-kata,  di  dalam  diam  juga  ada  kekuatan. Diam  bisa  dipakai untuk  menghukum,  mengusir  atau  membingungkan  orang. Tapi  lebih  dari segalanya,  diam  juga  bisa  menunjukkan  kecintaan  kita  pada  seseorang karena memberinya ”ruang”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur, mengkritik bahkan mengomel.

KEBEBASAN
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau  mengatur  kehidupan  orang  bersangkutan.  Bisakah kita  mengaku mencintai  seseorang  jika  kita  selalu  mengekangnya?  Memberi  kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasanbukanlah ”Kau bebas berbuat  semaumu”.  Lebih  dalam  dari  itu,  memberi  kebebasan  adalah memberinya  kepercayaan  penuh  untuk  bertangung  jawab atas  segala  hal yang ia putuskan atau lakukan.

KEINDAHAN
Siapa  yang  tak  bahagia,  jika  orang  yang  disayangi  tiba-tiba  tampil  lebih ganteng  atau  cantik?  Tampil  indah  dan  rupawan  juga  merupakan  sebuah kado  yang  indah.  Selain  keindahan  penampilan  pribadi,  andapun  bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yang tertata indah, misalnya.

TANGGAPAN POSITIF
Tanpa  sadar,  sering  kita  memberikan  penilaian  negatif  terhadap  pikiran, sikap  atau  tindakan  orang  yang  kita  sayangi.  Seolah-olah  tidak  ada  yang benar  dari  dirinya  dan  kebenaran  mutlak  hanya  pada  kita.  Kali  ini,  coba hadiahkan  tanggapan  positif.  Nyatakan  dengan  jelas  dan  tulus.  Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi anda. Ingat-ingat pula, pernahkah anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih  dan pujian (dan juga permintaan maaf) adalah kado indah yang sering terlupakan.

KESEDIAAN MENGALAH
Tidak  semua  masalah  layak  menjadi  bahan  pertengkaran.  Apalagi  sampai menjadi  pertengkaran  yang  hebat.  Bila  anda  memikirkan  hal  ini,  berarti anda  siap  memberikan  kado  ”kesediaan  mengalah”.  Kesediaan  untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

SENYUMAN
Percaya  atau  tidak,  kekuatan  senyuman  amat  luar  biasa.  Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi  pencair hubungan yang beku,  pemberi  semangat  dalam  keputusasaan,  pencerah suasana  muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar